Selasa, 21 Mei 2013

Kambing Makan Gedebog, layaknya Kita makan semangka segar

Sebagian kita mungkin belum pernah melihat kambing yang diberi pakan  gedebog pisang. Pertama kali melihat saya juga agak heran. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah gizi-nya juga ada? Apakah kambing tersebut dapat tercukupi kebutuhan nutrisinya? kok bisa mau kambing tsb makan gedebog? dsb,..

Begitulah pakan fermentasi, Pakan dengan kualitas yang rendah sekalipun seperti jerami kering, rerumputan kering, asalkan itu serat dan tidak beracun, dapat digunakan menjadi pakan yang berkualitas tinggi. Sehingga pakan-pakan yang pada musim kemarau sulit didapat menjadi mudah dibuat. Artinya kesetabilan dalam memperoleh pakan yang selama ini jadi kendala akan teratasi dengan memanfaatkan pembuatan pakan fermentasi.

Bagaimana dengan nutrisinya? itulah yang menggembirakan. Dengan pakan yang telah difermentasi pertumbuhan dagingnya menjadi sangat baik. Pada bakalan (umur 4 bln atau lepas sapih kambing gibas) pertumbuhan dagingnya mencapai 6 kg per bulan. Pertumbuhan yang signifikan bukan?

Lantas, sejauh mana pakan fermentasi tersebut bisa membantu peternak mikro? inilah peluang kita. Jika selama ini pemanfaatan pakan fermentasi hanya oleh peternak besar maka dengan “transfer pengetahuan” peternak mikro pun dapat membuat pakan fermentasi sendiri. mudah dan murah.

Lalu siapa yang akan melakukan “transfer pengetahuan” kepada peternak mikro?

Pada tahap awal kami membuka kerjasama untuk percontohan yang mana peternak mikro sebagai pengelola dan kami sebagi investor. Sambil berjalan dapat dilakukan transfer pengetahuan tersebut. setelah percontohan tersebut benar benar berjalan, maka dengan sendirinya peternak lain pun akan ikut meniru. Dan jika ini menyebar maka akan ada penyebaran secara massiv yang sangat positif tanpa perlu tambahan biaya apapun.

Sumber: http://fermentasipakanternak.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
;